Home » » Tolong - Menolong

Tolong - Menolong

Written By fajar007.blogspot.com on Senin, 23 Januari 2017 | 11.00

Menolong orang lain sama halnya dengan menolong diri sendiri, banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa sebenarnya investasi yang paling berharga adalah kebiasaan menolong orang lain. Ada juga sebagian orang menganggap remeh sifat menolong padahal mereka tahu bahwa menolong orang lain sangat penting karena perbuatan itu merupakan bagian dari diri kita sendiri. Perubahan pola hidup yang dipengaruhi oleh gaya hidup modern memandang bahwa semua pekerjaan, semua kegiatan bahkan semua hal dapat diselesaikan dengan menggunakan uang, gaya hidup ini merupakan dampak dari tingginya sifat materialistik, sifat yang mengutamakan materi ketimbang moral, sifat yang sebenarnya menjadi awal lunturnya keapribadian dan harga diri kita sebagai manusia yang bermartabat dan berbudaya.

Lebih spesifiknya lagi, pernahkah anda membayangkan ketika anda meninggal siapa yang akan menguburkan anda? apakah anda bisa menguburkan diri anda sendiri? dalam kasus seperti ini kita membutuhkan bantuan dan pertolongan dari orang lain, seberapa besarpun uang yang anda miliki tetaplah dalam hal ini butuh bantuan dari orang lain. Atau pada contoh lainnya, ketika anda sakit, pernahkah anda mengharapkan orang lain untuk menjenguk anda? apakah materi yang anda miliki mampu memuaskan perasaan  anda saat itu? dan masih banyak lagi contoh-contoh kehidupan ini yang membutuhkan bantuan dan pertolongan dari orang lain. Hanya karena keangkuhan dan kesombongan kitalah sehingga memaksa diri kita seolah-olah tidak  lagi membutuhkan kehadiran orang lain.
Sebagai manusia, kita diciptakan untuk hidup bersosial dan bermasyarakat karena didasari oleh sifat yang dimiliki manusia sejak diciptakan yakni adanya kekurangan dan kelebihan. 

Kekurangan yang kita miliki menjadi kelebihan bagi orang lain, begitu juga sebaliknya kelebihan yang kita miliki merupakan kekurangan orang lain. Ketika tercipta kebersamaan maka akan menghasilkan kesempurnaan.Itulah sehingga manusia dikatakan sebagai makhluk yang paling sempurna, contoh kecil dari kesempurnaan adalah pernikahan. Pernikahan merupakan suatu kebersamaan yang mempertemukan laki-laki dan perempuan, keduanya akan saling mengisi. apa yang tidak bisa dilakukan oleh laki-laki dapat ditutupi oleh perempuan begitu juga sebaliknya. Makanya Tuhan sangat melarang pernikahan sejenis, karena betapapun mereka memiliki kelebihan tetapi tetaplah tidak akan dapat menuju ke kesempurnaan hidup.

Beberapa alasan yang membuat kita kehilangan sifat tolong-menolong sesama:

  • Pengaruh gaya hidup yang materialistik dan individualistik
  • Kurangnya mentalitas dan moralitas
  • Lunturnya nilai-nilai luhur bangsa
  • Pengaruh modernitas yang tidak terkontrol
  • Kurangnya keimanan yang kita miliki
  • Tingginya persaingan untuk mendapatkan kesempatan hidup
  • Kurangnya silaturahim antar sesama manusia
  • Adanya pemahaman bahwa semua bisa diselesaikan hanya dengan kekuatan materi (uang)
(sumber : https://mauhid44.wordpress.com/2012/12/18/tolong-menolong-2/)

Mari biasakan selama kita hidup dan diberi kesempatan untuk senantiasa tolong menolong antar sesama. Sifat tolong-menolong harus dilatih dan dibiasakan, hal ini akan menjadikan kita menjadi pribadi yang luhur dan berbudi pekerti baik.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2017. Berbagi Wacana - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Partnership Albaypulsa | Arzadia