Home » , » Shalat Jenazah

Shalat Jenazah

Written By fajar007.blogspot.com on Senin, 23 Januari 2017 | 18.35

Shalat Jenazah adalah shalat yang dilakukan karena ada orang islam (muslim) yang meninggal dunia, hukum shalat ini adalah fardlu kifayah artinya, apabila ada sebagian umat islam yang melaksanakannya maka gugurlah kewajiban umat islam yang lain untuk melaksanakannya.

Tata cara pelaksanaan shalat jenazah ini tidak perlu ruku' atau sujud. Tetapi cukup berdiri saja dengan takbir empat kali diselingi dengan bacaan tertentu lalu diakhiri dengan salam.

Syarat - sarat shalat jenazah adalah : 
  1. Shalat jenazah sama halnya dengan shalat lain, yaitu harus menutup aurat, suci dari hadats besar dan kecil, suci badan, pakaian dan tempatnya serta menghadap kiblat.
  2. Mayit sudah dimandikan dan dikafani.
  3. Letak mayit sebelah kiblat orang yang menyalatinya, kecuali kalau shalat dilakukan di atas kubur atau shlat ghaib.
Rukun dan cara melaksanakan Shalat Jenazah :
Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa shalat jenazah tidak dilaksanakan dengan ruku' atau sujud serta tidak dengan adzan dan iqamah, dan caranya sebagai berikut :

Setelah berdiri sebagaimana mestinya akan mengerjakan shalat, maka :
Niat, menyengaja melakukan shalat atas mayyit dengan empat takbir, menghadap kiblat karena Allah swt.

Lafadz Niat, Untuk mayat laki-laki :

اًصَلىِّ عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَـــعَ تَكبْيِرْاَتٍ فَرْضَ اْلِكفَــايَة ِمَـــاءْمُوْمـًـــالِلهِ تَعَالىَ

Artinya : Aku Niat shalat atas mayit ini empat takbir fardlu kifayah karena Allah SWT. Allahu akbar.

Untuk Mayat Perempuan :

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَــــمَّدٍ

Artinya : Ya Allah, berilah shalawat atas nabi Muhammad saw.

Untuk lebih sempurna, maka bacalah shalawat seperti di bawah ini :


اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَــــمَّدٍ وَعَلـَــى اَلِ مُحَمَّدْ كَمَـــا صَليَّتَ عَلَى اِبْرَاهِيْمِ وَعَلىَ اَلِـــ اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَــــمَّدٍ وَعَلـَــى اَلِ مَحَمَّدِ كَمَـــا بَارَكتَ عَلىَ اِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ اَلِـــ اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَـــالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْـــــدٌ

Artinya : Ya Allah berilah shalawat atas nabi dan atas keluarganya, sebagaimana Tuhan telah memberi rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad saw danb para keluarganya, sebagaimana Tuhan telah memberikan berkah kepada Nabi ibrahim dan keluarganya. Di Seluruh alam ini Tuhanlah yang terpuji yang maha mulia.

Setelah takbir yang ketiga, kemudian membaca do'a sekurang-kurangnya sebagai berikut :


الَلهُمَّ اغْفِرْ لَــــهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِـــهِ وَاعْفُ عَنْــهُ

Artinya : Ya Allah ampunilah dia, berilah rahmat dan sejahtera dan maafkanlah dia.

Lebih sempurna membaca do'a sebagai berikut :

اَللهُمَّ اغْفِرْ لَهُ (لهـــا) وَارْحَمْهُ (هـــا) وَعَافِهِ (هـــا) وَاعْفُ عنْهُ (هـــا) وَاَكْرِمْ نُزُلَــهُ (هــا) وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ (هـــا) وَاغْسِلْهُ (هـــا) باِلمَـــاءِ والثلجِ وَالبَرَدْ وَنَقِّــهِ (هـــا) مِنَ اْلخـَـطَايَ كَمَا يُنَقـِّـهِ الثَّوْب الابيضُ مِنَ الدَّنَسْ وَابدله (هـــا) دارًا مِنْ دَاِرِهِ (هـــا) وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ (هـــا) وَزَوْجًا خيرًا مِنْ زَوْجِهِ (هـــا) وِقِهِ (هـــا) فِتْنَةِ القَبْرِ وَعَذَابَ النَّـــارِ

Artinya : Ya Allah ampunilah dia, dan kasihanilah dia, sejahterahkanlah ia dan ampunilah dosa dan kesalahannyahormatilah kedatangannya, dan luaskanlah tempat tinggalnya bersihkanlah ia dengan air, salju dan embun. Bersihkan lah ia dari segala dosa sebagaimana kain putih yang bersih dari segala kotoran dan gantilah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya yang dahulu, dan gantilah ia dengan ahli keluarga yang lebih baik dari pada ahli keluarganya yang dahulu dan peliharalah (hindarkanlah) ia dari siksa kubur dan azab api neraka.

Keterangan : 

Jika Mayit perempuan Lafadz "lahu" menjadi "laha" dan seterusnya.

  • Jika Mayit anak - nak maka do'anya adalah sebagai berikut :


الَلهُمَّ اجْعَلْـَـهُ فَرَطًــا لِاَبَوَيْهِ وَسَلَفًــا وَذُخْرًا وَعِظَةً وَاْعْتِبَارًا وَشَفِيْعًا وَثَقِّلْ بِهِ مَوَازِنَهُمَـــا وَافْرِغِ الصَّبْرَ عَلىَ قُلُوْبِهِمـَـا وَلاَ تَفْتِنْهُمـَـا بَعْدَهُ وَلَاتَحْرِمْنَا اَجْرَهُ

Artinya : Ya Allah, jadikanlah ia sebagai simpanan pendahuluan bagi ayah bundanya dan sebagai titipan, kebajikan yang didahulukan, dan menjadi pengajaran ibarat serta syafaat bagi orang tuanya. Dan bertakanlah timbangan amal ibu bapaknya karenanya, serta berilah kesabaran dalam hati kedua ibu bapaknya, dan janganlah menjadi fitnah bagi ibu bapaknya sepeninggalnya dan janganlah Tuhan menghalangi pahala kepada kedua orang tuanya.

Setelah Takbit keempat, Membaca do'a sebagai berikut :

اللهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

Artinya : Ya Allah janganlah kiranya pahalanya tidak sampai kepada kami (Janganlah engkau meluputkan kami akan pahalanya), dan janganlah engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya dan ampunilah kami dan dia.

Lebih Sempurna dan lengkap membaca do'a sebagai berikut :

اللهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ وَلِاِخْوَانِنَا الذِيْنَ سَبَقُوْنَ بِالاِيْمَانِ وَلَاتَجْعَلْ فِى قُلُوْبِناَ غِلاَّ لِلَّذِيْنَ اَمَنُوا رَبَّنَا اِنَّكَ رَئُوْفُ رَحِيْمٌ 

Artinya : Ya Allah, Janganlah kiranya pahalanya tidak sampai kepada kami, dan janganlah engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya. dan ampunilah kami dan dia, dan bagi saudara-saudara kita yang mendahului kita, dengan iman, dan janganlah engkau menjadikan unek-unek atau gelisah dalam hati kami dan bagi orang-orang yang beriman. Wahai Tuhan kami sesungguhnya Engkaulah maha pengampun lagi maha penyayang.  

Kemudian (selesai) memberi salam, sambil memalingkan muka ke kanan dan ke kiri dengan ucapan sebagai berikut :

السلام عليكم ورحمة الله وبركـــاته

Artinya : Keselamatan dan rahmat Allah swt, semoga tetap pada kamu sekalian.

Sumber : http://ulumulislam.blogspot.co.id/2014/11/shalat-jenazah.html

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2017. Berbagi Wacana - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Partnership Albaypulsa | Arzadia